IDEN
KNKS Luncurkan Buku Rekomendasi Strategi Keuangan Mikro Syariah
21 November 2019

JAKARTA, KNKS - Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) meluncurkan Buku Rekomendasi Kebijakan Strategi Pengembangan Keuangan Mikro Syariah di Indonesia. Peluncuran dilakukan di Hotel Aryaduta, Jakarta, Rabu (20/11).

Direktur Bidang Keuangan lnklusif, Dana Sosial Keagamaan dan Keuangan Mikro Syariah KNKS Ahmad Juwaini mengatakan, buku ini memuat tentang profil mikro syariah di Indonesia, identifikasi masalah keuangan mikro syariah di Indonesia, upaya membangun institusi keuangan mikro syariah berkelanjutan, dan rekomendasi strategi keberlanjutan institusi keuangan mikro syariah di Indonesia.

Ia mengungkapkan, buku ini terlahir setelah KNKS melakukan serangkaian proses mengenai keuangan mikro syariah.  

“KNKS telah melakukan serangkaian kunjungan ke berbagai lembaga keuangan mikro syariah. Jabodetabek, Lampung, Jawa Tengah, dan Nusa Tenggara Barat,” ujar dia

Selain itu, KNKS juga telah melakukan kunjungan ke lembaga otoritas terkait, khususnya kunjungan ke Otoritas Jasa Keuangan, Kementerian Koperasi dan UMKM. Juga berkunjung ke beberapa organisasi Baitul Maal wa Tamwil (BMT) dan perkumpulan lembaga keuangan mikro syariah.

Kemudian, KNKS juga mengadakan beberapa kali focus group discussion dengan beberapa tokoh terkait. KNKS melakukan diskusi mendalam dengan beberapa pakar dan ahli dibidang keuangan mikro syariah di Indonesia.

Juwaini menyampaikan, Buku Rekomendasi Kebijakaan Strategi Pengembangan Keuangan Mikro Syariah di Indonesia ini, KNKS pandang penting dan strategies, mengingat posisi Indonesia sebagai negara yang mencita-citakan untuk menjadi pusat pengembangan ekonomi syariah di dunia pada tahun 2024.

Penulis: Aldiansyah Nurrahman, Achi Hartoyo
Redaktur Pelaksana: Achmad Iqbal

Berita Lainnya