IDEN
KNKS Bangun Island KNKS di ISEF 2019
20 November 2019

JAKARTA, KNKS - Pada perhelatan Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2019, Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) membuat suatu area yang dinamakan Island KNKS.

Direktur Hukum dan Hubungan Eksternal KNKS, Taufik Hidayat menjelaskan, di dalam Island KNKS terdapat berbagai macam stan yang diisi oleh stakeholders dan 10 dewan pengarah KNKS.

“Ada milestone pergerakan perkembangan ekonomi dan keuangan syariah di Indonesia seperti apa, itu juga ditampilkan di sana (Island KNKS). Kemudian di sana juga disediakan stan, KNKS menampung apa-apa yang dibutuhkan semua stakeholders untuk melakukan konsultasi,” papar Taufik, Kamis (14/11). Island KNKS diharapkan bisa menjadi pemicu pengunjung yang datang dari dalam dan luar negeri untuk melakukan komunikasi dan negosiasi pengembangan ekonomi syariah di Tanah Air.

Ada 10 stan yang berada di Island Booth. Pertama, Island KNKS kontributornya yakni 10 Anggota Dewan Pengarah, KNKS yang terdiri dari Kemenko Perekonomian, Kemenkeu, BI, OJK, LPS, Bappenas, Kemeneg BUMN, Kemeneg UMKM, Kemenag, MUI.

Kedua, Sustainable and Ethical Fashion dengan kontributornya yaitu sembilan UMKM Kain Nusantara binaan KPw NTB, Sumbar, Lampung, Jawa Barat, Sulsel, Aceh, Riau dan Kepri, DKI Jakarta. Kemudian dari Desainer fesyen moeslem Indonesia anggota Indonesia Fashion Chamber (Wignyo Rahardjo, Dian Pelangi, Irna Mutiara, Tuty Adib, Vivi Zubedi, dan Itang Yunaz).

Ketiga, Food and Beverages, stan diisi oleh 12 UMKM Kopi Binaan KPw: Jember, Lhokseumawe, Aceh, Kalsel, Malang, Jabar, Sulsel, Sumut, dan Tasiklmalaya. Lalu, JAVARA, dan LPPOM –MUI.

Keempat, Pariwisata Halal kontributornya adalah Kemenpar dan PPHI dengan menampilkan 10 Destinasi Halal Indonesia: Aceh, Sumbar, Riau dan Kepri, DKI Jakarta, Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat, NTB, Sulawesi Selatan.

Kelima, Supporting Infrastructure dengan kontributornya yakni BPJPH, BPKH, PT. Primajaringan – MUI Tower, Kawasan Industri Cikande, Jakarat Industrial Expo Pulogadung (JIEP). Keenam, Islamic Commercial and Social Finance terdiri dari Kemenkeu : Green Sukuk, IDX, Garuda, BWI, FWP, BAZNAS –FOZ, NU, Muhammadiyah dan Ponpes Darrunajah

Ketujuh, Islamic Super Corridor terdiri dari Program Halal Value Chain Bank Indonesia : Infratani (Program Pertanian Terintegrasi Berbasis Teknologi dan Society), Market Place – Fintech Syariah, dan Little Giant

Kedelapan, Research, Education and Moeslem Friendly Entertainment kontributornya yaitu Kemenag – UIN Syarif Hidayatullah: Universitas Internasional Islam Indonesia (UII), ICAST –Gontor, BI-BIns.

Potensi yang sudah dilakukan KNKS untuk mendukung ISEF 2019, yakni melakukan business dealing dan business matching dengan stakeholders dalam pengembangan ekonomi dan keuangan syariah. Hal tersebut bisa diketahui melalui stan-stan yang diisi stakeholders.

 

Penulis: Aldiansyah Nurrahman, Achi Hartoyo
Redaktur Pelaksana: Achmad Iqbal

Berita Lainnya