IDEN
KNKS Dukung Sertifikasi Halal Indonesia
29 June 2019

JAKARTA, KNKS –  Halal Indonesia Expo (HIE) 2019 menyelenggarakan Seminar Manfaat dan Kemudahan Pengurusan Sertifikasi Halal Bagi Pelaku Usaha UMKM, di Jakarta Convention Center, Jumat (28/06/2019). KNKS, BPJPH, GAPMI dan Komunitas Peduli UMKM hadir menjadi narasumber.

Sukoso menjelaskan BPJPH mengatur dan mewajibkan sertifikasi produk halal. “Sertifikasi halal sangatlah penting, karena menjadi standar kualitas produk,” Ujar Sukoso, Kepala BPJPH. Produk haram tidak perlu didaftarkan, tapi harus mencantumkan keterangan “haram” pada komposisi yang mengandung zat haram.

Sukoso menambahkan fungsi Halal Center untuk pendampingan dan pembianaan UMKM terkait sertifikasi halal. “Halal Center akan didirikan di Perguruan Tinggi Indonesia. BPJPH sudah melakukan MoU dengan kerjasama dengan 34 Perguruan Tinggi,” kata Sukoso.

Ni Putu Desinthya, Kepala Divisi Pengembangan Ekonomi Syariah dan Industri Halal KNKS, menuturkan beberapa program unggulan (Quick Wins). “Portal edukasi UMKM gratis yang menyediakan informasi mengenai halal, lalu ada kerja sama marketplace halal, solusi pembiayaan UMKM, dan pengembangan Halal Value Chain atau ekosistem halal,” kata Ni Putu.

Penulis: Ishmah Qurratu’ain
Redaktur Pelaksana: Achmad Iqbal

Berita Lainnya