IDEN
Kembangkan Industri Halal, Perhatikan Halal Supply Chain
07 October 2019

TANGERANG, KNKS - Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS) sedang membentuk suatu strategi nasional pengembangan industri halal Indonesia. Salah satu langkahnya dengan menerapkan manajemen halal supply chain dengan baik.

Direktur Pengembangan Keuangan Syariah dan Industri Halal KNKS, Afdhal Aliasar menjelaskan penerapan manajemen halal supply chain sangat diperlukan untuk menjamin kualitas halalnya sebuah produk dan jasa.

Dalam manajemen halal supply chain, memperhatikan berbagai hal terkait produk dan jasa dari sebelum sampai di tangan konsumen hingga di tangan konsumen. Diantaranya memperhatikan dari mana asal bahan bakunya, siapa yang memproses, di bawa ke mana, di simpan oleh siapa, transportasinya menggunakan apa, kemasannya seperti apa, sampai di kirim ke konsumen seperti apa.

“Kalau semua itu bisa diketahui dengan mudah, manfaatnya bisa dirasakan lebih cepat. Halal supply chain jadi sesuatu yang penting. Karena dengan membangun itu, akan bisa membangun suatu industri yang efisien, efektif dan usability dengan baik,” tutur Afdhal, dalam workshop Strategi Nasional Pengembangan Industri Halal, di Mercure Hotel Alam Sutera, Tangerang Selatan, Kamis (3/10).

Sementara itu, Peneliti Halal Supply Chain Management Marco Tieman mengatakan, dengan adanya manajemen halal supply chain maka harapan akan standar mutu, kualitas produk, dan pelayanan produk serta jasa halal dapat terpenuhi yang terintegrasi mulai dari input, produksi, proses dan pendistribusian, pemasaran serta komsumsi.

Lebih lanjut, Marco menambahkan dalam manajemen halal supply chain, distribusi produk harus tepisah dari non-halal dan mendapatkan sertifikasi. “Tidak boleh ada kontak langsung dengan bahan haram, dan perhatikan kemungkinan kontaminasi silang dari produk halal,” sambungnya.

Selain itu, tidak lupa perhatikan syarat-syarat negara tujuan ekspor produk halal, karena setiap negara bisa memiliki standar halal yang berbeda.

Penulis: Aldiansyah Nurrahman
Redaktur Pelaksana: Achmad Iqbal

Berita Lainnya